hmm... berkunjung y???

jangan kaget terhadap blog saya karena blog saya tercipta hanya untuk kepentingan pribadi dan study saya...

maaf apabila tampilan kurang menarik perhatian saudara...

saya ucapkan terima kasih banyak atas kunjungan anda....

Robot Pintar Pencium Anggur

Bau kadang digunakan untuk memisahkan mana minuman anggur yang baik dan tidak. Dan sekarang, robot sudah bisa melakukannya.

Di Jepang, beberapa peneliti dari NEC Syatem Techology dan Universitas Mie berhasil mendesain sebuah robot yang dapat mengidentifikasi bau. ”Sebenarnya robot ini dapat mengidentifikasi banyak jenis bau. Namun, kami mengkhususkan kemampuannya untuk mencium bau minuman anggur,” papar Hideo Shimazu, Direktur Laboratorium Penelitian NEC System Technology, akhir pekan lalu.

Dalam penjelasannya Shimazu juga menerangkan mengenai prototipe robot berupa warna dominan hijau dan putih dengan mata, kepala berbentuk setengah bulat dan mulut yagn dapat bersinar, sebagai tanda baik atau tidaknya bau yang diidentifikasi.

Sebenarnya, rahasia penciuman robot ini bermula dari teknologi spectrometer infra merah yang terdapat di tangannya. Dengan alat tersebut, robot dapat mengeluarkan sensor terhadap benda yang didekatkan kepadanya. Refleksi sinar infra merah yang dikeluarkan untuk mengidentifikasi objek kemudian membantu analisis komposisi kimia di dalamnya.

”Sebenarnya tiap makanan menyimpan jejak yang unik,” urai Shimazu. ”Dengan data itu, robot bisa mengidentifikasi zat atau benda apakah sebenarnya yang ia periksa.”

Ketika kemudian robot bisa mengidentifikasi yang didekatnya merupakan anggur, robot akan mengeluarkan lampu dan bunyi seperti anak kecil. Robot juga akan memberikan nama jenis anggur yang ia periksa, sekaligus saran pemakaian anggur yang paling tepat dikombinasikan dengan makanan jenis apa.


Yang paling hebat, robot ini juga bisa memperingatkan pemiliknya mengenai kemungkinan risiko kesehatan di dalamnya. Kemempuan robot ini makin bertambah bila kita mengetahui kemampuan berikutnya. Seperti ketika diberikan tiga buah apel untuk dianalisa, robot bisa menentukan mana yang lebih manis dan tidak.


Namun sayangnya, dari ratusan botol anggur yang terdapat di pasaran. Robot ini baru mampu mengidentifikasi sedikit jenis anggur saja. Satu-satunya cara kemudian dengan membukakan tutup anggur dan mendekatkan bau yang keluar dari botol ke sinar infra merah.


Dengan teknik itu, paling tidak robot akan mampu mengidentifikasi kandungan kimia di dalamnya, dan memberikan nasihat seperti yang ia bisa. Beberapa kesalahan juga kadang masih dilakukan robot ini. Kasus anggur jenis prosciutto yang diidentifikasi sama seperti bau musang.


Harga kemudian juga menjadi masalah. ”Membeli robot ini sama saja seharga sebuah mobil,” ucap Shimazu. ”Kami tak mau melepasnya dengan harga kurang dari US$ 1.000,” mintanya.

Shimazu sendiri menyatakan tak memiliki rencana apapun dengan robot hasil ciptaannya ini. Untuk menjual secara bebas guna kepentingan pasar, ia masih memikirkannya. ”Ini menunjukan makin tingginya kapasitas robot buatan kami, dibandingkan dengan yang banyak di pasaran saat ini,” urainya.

Sementara itu, Profesor bisang teknik dari Universitas Mie, Atsushi Hashimoto, menyatakan kegembiran atas kemajuan ini. ”Meskipun tampak masih seperti anak kecil, namun tak seluruh kemampuannya bisa diremehkan,” kata Hashimoto.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Blogger Template by Blogcrowds